Cara Membuat Teks di Autocad (T SPASI)

belajarotodidak.online - Text pada autocad biasanya digunakan untuk memberikan keterangan, dan biasanya ditarik sebuah gais lurus ke samping gambar seperti tanda panah untuk menunjukan gambar, lalu diberi garis lagi secara horisontal sebagai tempat keterangan, dan di atas diberi keterangan seperti: lantai kerja 5 cm, urugan pasir 5 cm, atau tanah asli di padatkan. Cara membuat teks di autocad sejauh yang saya tahu, sebenarnya ada 3 macam, yang pertama dengan command keyboard, kedua dengan mengcopy dari dimensi lalu mengeditnya, dan ketiga menggunakan tool.

Menggunkan autocad versi 2007-2010 atau di atasnya caranya sama selama mengggunakan perintah keyboard. Dan yang penting dan perlu diperhatikan adalah besar kecilnya teks tersebut. Sebab apabila kekecilan maka akan menyulitkan orang dalam membaca gambar tersebut sebelum diaplikasikan ke lapangan. Dan salah satu yang menandakan drafter itu belum berpengalaman di dunia kerja adalah text tersebut kekecilan. Faktor lain yang perlu di perhatikan juga tentang kerapian, dan pemilihian jenis textnya.

Beberapa jenis teks yang bagus, yaitu Romand, saya sampai sekarang menggunakan jenis itu, beberapa ada yang menggunakan arial, atau times news roman. Memang tak ada keharusan menggunakan jenis yang mana, yang penting mudah dibaca.

Cara Membuat Teks di Autocad

1. Command Keyboard

Perintah autocad menggunakan bahasa inggris untuk itu untuk memudahkan dalam mengingat kita harus tahu bahasa inggirsnya teks, setelah kita tahu bahasa inggrisnya text, dengan begitu perintahnya adalah huruf yang menyusunnya, dan autocad memberikan command T. Caranya:
- Ketik T
- Tekan SPASI
Maka akan muncul kotak dialog sepcify first corner, yang artinya titik dimana teks tersebut akan diletakan.
- Geser krusor
Setelah kita menggeser krusor maka akan muncul kotak dengan tanda panah ke bawah. Kotak itulah yang menjadi wadah tulisan kita.
- Klik kiri
Besarnya kotak tidak sesuai dengan yang kita inginkan sebenarnya tidak apa-apa, sebab kita bisa mengeditnya nanti.
- Tulis teks yang diinginkan
Apabila ingin membuat tampak depan tulis saja, salah satu tandanya adalah di bagian atas terdapat gambar penggaris putih dan hitam lalu muncul kotak text formatting.
Cara Membuat Teks di Autocad
- Edit Text Formatting
Dalam text fromating terdapat berbagai macam pengaturan teks, saya telah memberikan tanda dan penomoran untuk memudahkan.
No 1 : Fonts atau jenis teks.
Ubahlah sesuai yang diinginkan, semisal romand, atau arial, biasanya kalau masih baru buat jenisnya amgdt.
No 2 : Text height atau besarnya teks tersebut.
Pada gambar di atas masih 0. Pemberitan text dan dimensi pada autocad biasanya sama besarnya, untuk itu bagi yang sudah membuat dimensi, maka sebaiknya kalau misal akan dijadikan judul harus lebih besar dari besarnya dimensi. Misal besar dimensi 200, maka teksnya bisa 300.
Namun untuk mengubahnya, blok dulu teks yang telah kita buat baru diisi angkanya.
No 3 : Bold, Italic, dan Underline
Bagi yang sudah tahu microsoft word, pasti tidak asing dengan simbol di atas.
Bold yang dilambangan B berfungsi untuk mempertebal teks.
Italic, dengan simbol I, berfungsi untuk memiringkan teks.
Underline, dengan simbol U, berfungsi untuk memberikan garis bawah pada teks.
No 4 : Colors, atau warna teksnya.
Apabila kalian menggunakan pengaturan layer, atau print properties bisa disesuaikan dengan warna yang telah di atur ketebalannya. Sehingga tidak perlu lagi mengaturnya. Warna biasanya berbeda dengan warna gambar untuk memudahkan dalam membaca.
No 5 : Posisi Text
Apabila ingin membuat teks rata kiri, kanan, atau berada di tengah maka bisa mengaktivekannya.
No 6 : Symbol
Seperti namanya, simbol digunakan untuk memasukan simbol seperti %, °, ³, ∅ dan sebagainya.
Jika kalian sudah mengedit dan teks sudah sesuai yang diinginkan maka:
- Klik OK
Bisa juga dengan CTRL + ENTER.
Jika ternyata teks yang dibuat kekecilan, dan tidak kelihatan bisa tekan Z SPASI, A SPASI. Lalu skrol mouse pada teks tersebut lalu klik, maka akan muncul lagi teks formating. Blok teks tersebut dan ubah angkanya.

Namun bisa juga dengan perintah scale, caranya:
- Ketik SC
- Tekan SPASI
- Blok teks tersebut
- Tekan SPASI
- Klik sembarang
- Ketik R
- Klik kiri sembarang
- Geser mouse sedikit
- Klik lagi sembarang
- Geser mouse
Sampai di sini, maka teks tersebut akan berubah memperbesar dan memperkecil tergantung krusor tersebut di geser kemana. Jika besarnya teks sudah sesuai yang diinginkan.
- Klik kiri

2. Mengcopy dari dimensi

Cara Membuat Teks di Autocad
Apabila kita sudah memiliki dimensi sebuah gambar yang tentu saja berupa angka-angka, kita bisa mengcopynya lalu mengeditnya sebeb sebenarnya itu masih dalam format text. Kadang malah beberapa ada yang mengedit dimensinya karena males mengubah gambar. Caranya:
- Copy dimensi yang ingin dijadikan text.
- Pindahkah ke lembar kerja kosong.
- Pecah dimensi tersebut dengan mengebloknya lalu tekan X lalu SPASI.
Sehingga antara garis, dan ukuran akan terpisah.
- Klik 2X ukuran dimensinya.
Nah sampai di sini akan muncul kotak seperti penggaris, dan text formatting, sama sat kita membuat text karena sebenanrya dimesnsi merupakan objek yang terdiri dari text, dan garis.
- Edit text formatting seperti besarnya angka, jenis huruf dan sebagainya.
- Pindah ke tempat yang diinginkan
- Jika terlalu kecil atau besar bisa di skala dengan perintah SC.
Kebanyakan teman saya memilih menggunakan cara ini sebab dengan kita mengcopy dari dimensi, maka secara otomatis tidak perlu lagi banyak mengatur di text formatting, seperti jenis tulisan, warna, dan ukuran, sebab sudah di setting pada saat kita membuat dimensi tersebut, jadi tidak terlalu banyak yang diedit dan mempercepat pekerjaan. Namun perlu diingat bahwa format teksnya kadang berupa single line text yang susah diedit apabila ingin mengubah jenis teksnya.

3. Menggunakan Tool

Cara Membuat Teks di Autocad
Dalam autocad, text memiliki tool khusus. Mungkin terkesan lama, dan tidak profesional, namun bagi yang baru belajar bolehlah untuk memudahkan bila kelupaan cara memunculkannya dengan:
- Klik kanan pada bar kosong bagian atas.
- Pilih ACAD
- Klik Text
Sampai di sini toolnya sudah muncul bisa digeser ke atas atau kesamping agar rapi dan berdampingan dengan tool lain yang telah aktive. 
Ada banyak pilihan seperti:
Multiline text : merupakan format text seperti saat kita menekan T lalu SPASI.
Singleline text : merupakan format seperti saat kita mengambil text dari hasil exploide atau memecah dimensi.
Edit text : merupakan tool untuk mengedit text, jika di klik maka krusor akan berubah kotak yang menandakan aktive dan siap menyeleksi objek, jika di klik text yang akan diedit maka secara otomatis muncul tampilan text formatting. Terkesan mempermudah ya. Padahal hal ini bisa dilakukan dengan klik dua kali text yang ingin kita edit. :)
Text style : jenis tulisan yang kita inginkan.
Scale : seperti perintah SC lalu SPASI, fungsinya untuk memperbesar dan memperkecil text tersebut.
Justufy : fungsinya untuk mengatur posisi teks seperti rata kanan, kiri, tengah dan sebagainya.

Cara ketiga sangat jarang dipakai karena memperlambat kerja. bagi yang baru mulai belajar gunakanlah cara pertama, nah kalau sudah mulai kerja, dan banyak gambarnya bisa pakai cara kedua.