2 Cara Menghitung Panjang Garis di Autocad

belajarotodidak.online - Menghitung panjang garis di autocad bisa dengan 2 cara, memberikan dimensi terlebih dahulu garis demi garis, lalu menghitung manual, dengan perintah dimensi linear, align, atau arc. Mana yang akan digunakan itu tergantung gambar yang kita buat, semisal kita ingin gambar tersebut dijadikan untuk fabrikasi, atau mengaplikasikan ke lapangan, lebih baik menggunakan dimensi. Namun untuk pembuatan BQ, atau penawaran untuk tender, biasanya menggunakan perintah LI.

Sebab beberapa gambar malah akan membuat jadi susah dibaca apabila kebanyakan dimensi. Seperti contohnya, bagi drafter plumbing, atau elektrikal. Sedangkan untuk pembuatan denah, akan lebih mudah menghitung dengan membaca dimensinya. Berbeda dengan elektrikal, dan plumbing, sebab ada banyak sekali garis, dan kadang berdekatan, dan jika dipaksa meanaruh semua dimensi akan saling bertumpuk.

Saya sempat menemuinya saat menghitung panjang kabel persinyalan kereta api, di samping rel, sebenarnya ada banyak kabel yang ditimbun, nah kalau digambar kan saling berdekatan kabel jenis A, B, C, D dan seterusnya, maka lebih baik menggunakan LI.

Berikut cara menghitung garis di autocad dengan 2 cara
 

1. Menggunakan Dimensi

Apabila sudah membuat sebuah denah atau gambar dengan ukuran tertentu, untuk memastikannya, lalu menghitungnya bisa dengan perintah
- DLI lalu ENTER, klik ujung garis dan ujung garis satunya lagi, command ini digunakan apabila garis tersebut lurus.
- DAL lalu ENTER, klik ujung garis dan ujung garis satunya lagi, command ini digunakan apabila garisnya miring.
- DIMARC lalu ENTER, klik ujung garis dan ujung garis satunya lagi, command ini digunakan apabila garisnya melengkung.
Prinsip kerjanya dimensi ini adalah mengukur panjang garis dari titik pertama ke titik kedua atau dari A ke B. Contoh panjang denah bagian samping dari ujung ke ujung, dan seterusnya.

2. Menggunakan List

- Ketik LI lalu SPASI, klik garis yang ingin kita ketahui panjangnya.
Maka akan muncul database berupa keterangan dari warna, layer, dan seterusnya. Kita fokus pada length (panjang). Di situ terdapat keterangan berupa angka, itulah panjang garis yang kita klik tersebut. Silahkan dicoba.

Intinya perintah LI, merupakan cara tercepat sebab kita tidak perlu mendimensi terlebih dahulu untuk mengetahui panjang suatu garis. LI sendiri sebenarnya kepanjangan dari list, atau susunan garis tersebut makanya di sana tidak hanya tentang layer yang digunakan, warna dan sebagainya. Apabila kalian sedang menghitung panjang kabel, pipa, dan sebagainya dan membutuhkan waktu cepat untuk BQ, mengejar penawaran cara ini terbilang cepat dan banyak digunakan oleh para drafter senior.

Prinsip kerjanya adalah menghitung panjang dimensi dari garis yang kita pilih.

Kesimpulannya : Kalau kalian ingin memunculkan dimensi untuk keterangan memudahkan pekerjaan tukang, gunakan cara pertama degan DLI, DAL, DIMARC. Namun bila kalian ingin menghitung panjang dimensi garis untuk kebutuhan material, apalagi kalau garis2nya panjang dan kompleks kalian gunakan list.


Bila ingin belajar:
Kunci jawaban kurikulum merdeka