Cara Melengkungan Sudut di Autocad Menggunakan Fillet

belajarotodidak.online - Objek yang dibuat biasanya masih berbentuk sudut 90 derajat, seperti contohnya saat membuat kotak, atau garis demi garis yang saling bertemu. Padahal beberapa objek gambar, ada yang berbentuk melengkung, apabila kita sudah membuat gambar yang bersudut runcing maka jangan dihapus sebab cara melengkungkan sudut di autocad bisa dengan menggunakan perintah Fillet, yang dari command keyboardnya adalah ketik F lalu SPASI.

Saat pertama kali diajari autocad di lembaga kursus private, saya menggunakan perintah fillet saat membuat pintu, biasanya terdapat ukirankan?, nah kebetulan banyak sudut melengkungnya, dan ada radiusnya, dan saat pertama kali bekerja di sebuah perusahaan kecil di Jakarta, ternyata juga digunakan untuk membuat gagang pintu, pagar, ukiran pintu, dan jendela, hingga menggambar pipa, terutama elbow.

Bagi yang bekerja atau ingin menjadi drafter perumahan, juga biasanya malah akan sering menggunakan perintah melengkungkan objek berupa fillet sebab, saat ini banyak bentuk rumah yang tidak hanya sekedar kotak saja, ada banyak ukiran, dan variasi pada pagar terutama tralis, pintu, hingga tiang. Lengkungan sebuah objek juga memberikan kesan tidak kaku, dan lebih bernilai seni tinggi jika dilihat dari sudut pandang arsitektur.

Cara melengkungkan sudut di autocad menggunakan fillet ada 2 macam:

1. Command Keyboard

- Ketik F
- Tekan SPASI
Apabila muncul pemberitahuan select firts object, artinya kita disuruh untuk memilih objek pertama yang akan di fillet, namun abaikan dulu, perhatikan perintah di kotak command, di sana ada lanjutan Undo / Polyline / Radius / Trim / Multyple.
- Ketik R
R meruapakan kode atau perintah dari radius. Sebelum membuat gambar kita lihat dulu referensi gambarnya, misal di situ tertulis diamter 200, maka kita akan memasukan angka 100. Bila tertulis R100, masukan 100.
- Ketik angka radius yang diinginkan
Kotak dialog mengatakan sepecify fillet radius, artinya berpaa besarnya radius yang kita inginkan. Misal 100.
-  Tekan SPASI
Sampai di sini krusor berubah dari yang plus menjadi kotak seperti akan menyeleksi.
- Klik garis pertama yang membentuk sudut
- Klik garis kedua yang membentuk sudut 
Maka secara otomatis sudut yang tadinya lancip menjadi melengkung dengan radius atau jari-jari 100. Jika ada sudut lain yang ingin dilengkungkan, dan memiliki radius sama, jangan mengulang dari awal.
- Tekan SPASI
Apabila kita sudah membuat sebuah perintah, namun ingin menggunakannya lagi, maka kita tekan SPASI. Hal ini tidak hanya berlaku pada perintah fillet saja, namun juga yang lain seperti perintah membuat garis, lingkaran, memotong objek dan sebagainya.
- Klik dan klik garis yang membentuk sudut

2. Menggunakan Tool

Cara Melengkungan Sudut di Autocad
Perintah fillet merupakan bagian dari memodifikasi sebuah objek berupa gambar, sehingg masuk ke dalam tool modify. Bagi yang belajar autocad terutama pemula, biasanya menggunakan tool. Saya sarankan dibiasakan menggunakan keyboard, namun mungkin cara ini bisa berguna apabila kelupaan.
- Klik Modify
- Klik Fillet
Krusor akan berubah menjadi kotak dengan perintah untuk menyeleksi objek, nah sampai di sini kita tadi suruh tekan R kan? Sama saja kan?

Sebenarnya perintah fillet tidak hanya digunakan untuk melengkungkan objek namun juga berfungsi mempertemukan dua garis, dan lebih mudah daripada perintah trim.