Cara dan Fungsi Offset di Autocad

belajarotodidak.online - Perintah offset memiliki fungsi untuk menggandakan garis yang sejajar dengan jarak tertentu, berbeda dengan command copy yang bisa digandakan di manapun, offset biasanya digunakan dalam menggambar denah bagi yang tidak menggunakan perintah multiline, atau membuat gambar tiang, dan lainnya. Cara menggunakan perintah offset di autocad ada dua macam, melalui command keyboard, dan tool manual.

Perintah ini merupakan dasar bagi yang ingin belajar autocad secara otodidak, dan wajib diketahui dan diingat karena sangat diperlukan saat proses menggambar. Saya sendiri mungkin sebagian besar gambar yang dibuat entah itu redraw atau bukan, banyak yang menggunakan perintah offset. Seperti contohnya waktu membuat pagar BRC untuk pos jaga, tangga gedung atau rumah, pintu, hingga jendela.

1. Menggunakan perintah keyboard

cara offset di autocad
- Ketik O
Maka akan muncul kotak dialog specify offset distance or, artinya jarak yang akan kita offset. Masukanlah angkanya, semisal kalian ingin menginginkan garis lagi sebesar 5000 mm.
- Seleksi garis yang ingin dioffset.
Apabila krusor berubah menjadi kotak dengan kotak dialog select object to offse or, artinya seleksilah garis yang ingin kalian offset.
- Klik dimana garis hasil offset diinginkan
Jika krusor berubah menjadi plus dengan kotak dialog sepcify point on side to offset or, lalu kotak berisi angka-angka, abaikan saja angkanya lalu klik saja bila memang ingin di sebelah kanan. Tidak harus lurus atau tepat lima meter, karena secara otomatis akan berada di sana.

2. Menggunakan tool

Walau cara ini terbilang memperlambat mungkin akan bermanfaat bagi yang mulai belajar terutama bila kelupaan perintahnya. Caranya:
Cara Offset di Autocad

- Klik Modify
Letaknya berada di header tampilan lembar kerja autocad 2007.
- Klik Offset
Sampai di sini perintah akan aktive.
- Seleksi garis yang akan dioffset.
- Masukan jaraknya
- Klik dimana hasil offset akan diletakan
Itulah cara dan fungsi offset di autocad. Cobalah berlatih dengan gambar sederhana dulu seperti tangga, pintu atau jendela.