Cara Memotong Objek di Autocad (Perintah Trim)

belajarotodidak.online - Cara memotong objek di autocad dengan menggunakan perintah Trim, yang command keybordnya TR digunakan saat gambar yang kita buat ternyata garisnya kelebihan. Contohnya saat kita membuat denah, atau beberapa gambar yang menggunakan perintah ekstra line, atau offside akan sering menggunakan perintah trim. Penggunaan trim terkadang digunakan untuk menyudutkan sebuah objek, padahal hal itu lebih cepat menggunakan perintah fillet, untuk itu perlu sering latihan, agar bisa membedakan jenis objek, dan jenis perintahnya.

Perintah trim ini juga merupakan perintah dasar yang wajib diketahui bagi yang ingin mendalami dunia drafter autocad. Dan mungkin penggunaannya sedikit agak berbeda dengan yang lainnya. Adapun perintahnya sebenarnya ada dua macam menggunakan keyboard, dan tool.

1. Command Keyboard

cara memotong objek di autocad

Cara memotong objek dengan menggunakan perintah keyboard, yaitu
-Ketik TR
-Tekan SPASI
Maka akan muncul kotak dialog select objects or,
- Klik pada garis yang akan dijadikan pembatas sampai mana garis yang kelebihan akan dipotong.
Apabila muncul kotak dialog lagi select object namun tidak ada garis lain yang jadi pembatas, maka kita akhiri dengan:
- Tekan SPASI
Sehingga muncul pemberitahuan select object to trim or shift-select to extend or. Artinya suruh menunjuk garis yang kelebihan.
- Klik garis yang kelebihan.
Jika berhasil, maka garis tersebut akan terpotong, dengan batas yang telah tadi kita seleksi sebelumnya. Tinggal klik dan klik pada garis lain yang berlebihan. Namun apabila sudah tidak ada yang dipotong maka kita akhiri dengan:
- Tekan SPASI
Selesai.

2. Menggunakan tool

cara memotong objek di autocad
Pada menu di header lembar kerja autocad yang bernama modify, sebenarnya telah disedikan perintah Trim. Kita tinggal mengarahkan krusor ke modify lalu klik, arahkan kruosor lagi lalu klik, dan arahkan krusor lagi ke lember kerja. Namun cara ini membutuhkan waktu yang lama, padahal kita dituntut untuk menggambar cepat karena dikejar deadline.